ASSALAMMUALAIKUM

Rabu, 13 Juni 2012

When Impossible Comes True

Halo semuanyaaa... Ini udah lama banget sejak gue nggak ngeposting anything di blog gue yang unyu ini. Ini posting mau dicopy-paste lagi sama mas misbah. Jadi kita formalan yaaaah.

Cerita ini bermula ketika saya, Rika Oktania Sari bersama Latifa Amalia Putri dan Maynanda Aghnia D. memutuskan untuk iseng mengikuti lomba Economic Contest di Institut Pertanian Bogor. Singkat cerita awalnya kita diminta buat mengirimkan semacam proposal bisnis plan ke Bogor untuk selanjutnya diambil 20 besar untuk mengikuti semi final di Bogor. Kenapa tadi saya bilang iseng? Karena memang kami paham betul, jikalau benar-benar terpilih 20 besar, mau apa kami di sana? Semi final yang akan dilaksanakan bukan hanya mengenai bisnis, tapi ada juga Business Presentation, Economic Writing Test, Management Selling Competition, dan yang terakhir adalah Environmental Analysis. Dari nama-namanya yang 'sangarrr' saja kami kurang yakin bisa melewatinya dengan background ANAK IPA yang kami miliki. Terjadilah kami mengirim proposal bisnis kami dengan harapan yang tidak terlalu banyak. Sampai akhirnya hari pengumuman pun tiba. Hari itu saya sangat ingat ketika sedang ada syukuran di rumah, jam 3 sore, saya buka web IPB. Ketika semua orang di rumah saya sedang bahagia, apa yang terjadi pada saya? Yah... Saya kecewa. Ada sih tim yang lolos dari SMAN 2 Kediri. Tapi bukan tim kami. Eng Ing Eng. Satu-satunya hal yang mampu saya lakukan kala itu hanyalah tersenyum pasrah. Bukan rejeki.

Hari demi hari terlewati, tim yang lolos kebetulan adalah teman kelas kami. Sempat terbersit di dalam hati, saya ingin pergi juga. Tapi yaaaah... Allah bilang yang pergi bukan saya dan tim Yasudahlah. Rasa pasrah itu tiba-tiba hilang ketika salah seorang teman dari tim yang lolos sms. Saya ingat betul sms nya dan dampaknya pada hati saya. Dia bilang intinya panitian EC IPB tanya-tanya tentang tim kami. Dan ketika itu saya langsung merasakan sesuatu yang 'errrrrr' di hati. Saya orangnya nggak mau terlalu berharap sebelum ada kejadian, maka dari itu, ketika sms itu tiba berfikir ada keajaibanpun tak berani. Hingga... satu jam setelah itu..... HP Maynanda berbunyi (saat kami sedang main remi) di layar hape tertera "PANITIA IPB" aaaaaaa seketika kami menjerit bersama. Jeritan antara takut penasaran dan sebagainya. Dengan bacaan bismillah May membuka sms itu. tulisannya "SELAMAT................ andthebla" Ternyata kami ini adalah tim ranking 21 dari 20 yang masuk semi final, ngenes. Ya Allah itu sensasinya aneh banget. Antara senang dan bimbang. Kalau pun kami mengiyakan ikut semi final, punya apa kami ini? peserta lain sudah sejak dulu-dulu membuat iklan, membuat banner, dan sebagainya. Kami? Kalaupun kami pergi, itu berarti besok harus pergi. BESOK. Akhirnya kami memutuskan membagi tugas. Maynanda urus administrasi sekolah, Saya mengurus iklan, dan Latifa mengurus tiket. Kami kerja was wes was wes. Berkat bantuan RAM NURA AMIRIL HAQ iklan kami top cerrrrrrrr banget.

Singkat cerita tanggal 17 Mei 2012 tim kami berangkaaaaaaaat. Dengan modal doa dan nekat kami yakin kami akan 'minimal tidak mempermalukan' SMAN 2 Kediri. 

Tanggal 18 Mei 2012 acara semi final pun dimulai dengan Technical Meeting di tempatnya namanya Puslitbang Gizi daerah Bogor sana. Yang unik saat TM adalah terjadi pengumuman bahwa ada tim yang cadangan dan masuk dan tim itu adalah KAMI. yah... di depan peserta lain kami ini terkenal sebagai tim cadangan. Indahnyaaa...Yang asik adalah di lomba ini kami ketemu banyak banget teman baru. Dari berbagai daerah.

19 Mei 2012
Hari ini kami akan presentasi proposal bisnis kami. Alhamdulillah.
Setelah presentasi kami mengerjakan soal-soal ekonomi dalam Economic Writing Test. Jangan tanya bagaimana kita kerjakannya, karena jelas jawabannya, kami pasrah pada keberuntungan.

20 Mei 2012
Managemen Selling Competition. Di sini kami diminta menjual 11 gelas susu, membuat dekor maskot dan stand. Ini kami merasa useless sekali, jam 2 pagi bangun mendekor stand, ternyata tim lain udah topcerrr banget standnya aaaaa. Singkat cerita kami mampu menjual susu itu nomer 2 tercepat.
Environmental Analysis babak ini terlewati dengan muluuuuuuussssss...
Malam harinya, di saat mereka yang yakin lolos 5 besar belajar untuk final yang merupakan cerdas cermat, saya malah ngerumpi dengan rekan-rekan dari balikpapan, jakarta, sekayu, bogor dan lain-lain yang tidak terlalu yakin lolos. Saya pribadi malah sudah siap sekali jadi penonton waktu final. Maynanda dan Latifa sudah terlelap karena kecapekan.

21 Mei 2012
Hari yang istimewa. Sekali. Pengumuman 5 besar pun terjadi. SMAN 1 Balikpapan. SMAN 2 Tuban. SMAN 2 Lumajang. SMA N 2 Kediri tim 2 (ini istimewa sekali saya langsung sujud menangis. ini apaaaaa? semacam mimpi indah siang bolong), SMA N Pekanbaru. Rasa tidak percaya, bingung dan bahagia berbaur jadi satu dalam hati setiap anggota tim kami. Mana pernah kami mengira bisa masuk 5 besar, jangankan mengira, berfikir untuk mengira masuk pun tak berani. Tapi inilah kehendak Sang Pencipta. Singkat cerita kami pun maju ke panggung, menduduki kursi untuk cerdas cermat babak FINAL. Kursi panas itu terasa hangat saat saya melihat di sebelah kanan dan kiri saya, dua orang sahabat yang penuh semangat untuk mencoba sensasi final. Dengan bekal yang dapat dibilang 'seadanya' kami mulai mencoba mengadu nasib dan otak. Modal utama kami, anak IPA yang ikut cerdas cermat ekonomi adalah 'ANALISIS' semua soal kami analisis sesuai dengan apa yang kami ketahui. Contoh analisis yang paling membuat saya (sebagai juru bicara) malu mengatakannya adalah demikian : Q = menurut Varianyang disebut Lemon Problems adalah? Dan dengan segala kemampuan dan kepolosan kami jawab A = Lemon itu kecut, Problems itu masalah. Masalah Kecut, berarti masalah yang riskan. *semua tertawa* saya sangat malu, tapi ternyata benaaaarrr... aaaa... Keberuntungan. Hingga akhir babak ini kami banyak membuat kekonyolan, dan Allah memberi kami keberuntungan hingga akhirnya bisa mendapat nilai 250 yang alhamdulillah tertinggi. Nilai demikian tinggi kami dapat atas keberanian kami bertaruh 'High Risk High Return'. 

Daaaan...singkat cerita pengumuman pun tiba. Seperti biasa, kami tidak ingin berharap pada sesuatu yang belom ada kepastian di depan mata. Takut kecewa. Juara harapan 2... SMAN Pekanbaru... Juara harapan 1... SMA N 1 Balikpapan... Juara 3... SMA N 2 Tuban... Juara 2... SMA N 2 Lumajang. Kami shock. Is it mean we are the winner? YES. *rasanya tidak dapat dijabarkan dengan puisi dan syair manapun, apalagi postingan blog* Akhirnya kami punya alasan tidak malu untuk pulang ke Kediri. Inilah kado terindah untuk SMADAKEDIRI tercinta. Piala Bergilir Bung Hatta, Piala Tetap EC 2012. 




Intinya dari postingan ini hanya ingin menyampaikan pada teman-teman semua :
tips lomba ala kita
1. Datang dengan biasa saja
2. Biarkan musuh meng-underestimate kita
3. Kejutkan mereka dengan jadi juara
Vivat SMADA!

special thanks for :
1. Ibu Ediningtyas guru pendamping kami
2. Ibu Setiari guru pembimbing kami
3. Om Aries Teguh Irianto (atas penginapannya dan tumpangannya dan uang sakunya)
3. Uwak Ida Yusnidar (atas kesediaannya meminjami kami kalukulator, baki, gula, kue dan aktingnya yang top)
4. Mbak Aldesta dan Mas Eril dari IPB yang membantu kami selama di bogor.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar